A. Pengertian search engine....
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.
4.AskJeeves
(http://www.ask.com)
Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini, selain Alltheweb, Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.
6.Lycos
(http://www.lycos.com)
Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.
Kekurangan
1. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
Search engine
adalah sistem database yang dirancang untuk mengindex alamat-alamat website di
internet . Untuk melaksanakan tugasnya ini, search engine atau mesin pencari memiliki
program khusus yang biasanya disebut spider crawler. Pada saat Anda
mendaftarkan sebuah alamat website (URL), spider dari search engine tersebut
akan menerima dan menganalisa URL tersebut lalu mengcrawlnya.
1. Yahoo!
(www.yahoo.com)
(www.yahoo.com)
Salah
satu portal terbesar di Internet, selain MSN., dan juga salah satu mesin
pencaru tertua. Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian,
tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa
Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari
databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga
menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat.
Yahoo juga menyediakan pencarian gambar. berikut ini kelebihan dan
kekurangannya yang lebih jelas :
.Kelebihan:
1. carta
surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju
2. salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis
3. salah satunyapun yang anda bilang, bila di refresh cepat
4. banyak fasilitas yang disediakan, seperti: Y!A Y!A Y! mail Y! 360 dan lain2
5. sudah ada di banyak negara
2. salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis
3. salah satunyapun yang anda bilang, bila di refresh cepat
4. banyak fasilitas yang disediakan, seperti: Y!A Y!A Y! mail Y! 360 dan lain2
5. sudah ada di banyak negara
- Kekurangan:
1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo,
tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
2. Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
3. Fitur Y!M msh sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
4. Skin untuk Y!M msh sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
2. Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
3. Fitur Y!M msh sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
4. Skin untuk Y!M msh sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
2. Alltheweb
(www.alltheweb.com)
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web,
FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan
mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih
ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa
pencarian file.
- Kelebihan
- Kemudahan dalam mencari.
- Tampilan yang sederhana seperti Google.
- Alltheweb langsung menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar, dan video.
- Menu bantuan terlihat jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang banyak, sehingga sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.
- Kekurangan
- Pencarian yang lama dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
- Halaman pencarian hanya dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna.
- Pada link-link yang tidak berguna terkadang masih terlihat dalam beberapa hari, sehingga terlihat kurang aktual. Hal ini menunjukan tidak cepatnya Allltheweb melakukan
3.MSN
(http://search.msn.com)
(http://search.msn.com)
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.
- Kelebihan
- mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
- Kekurangan
- pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
- Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
4.AskJeeves
(http://www.ask.com)
Situs mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya untuk memahami
bahasa manusia. Pengguna bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci.
Situs ini berguna untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan(misal: when did
world war II end?)
- Kelebihan
1. Keunggulan utamanya adalah ia
akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.
5.AltaVista
(www.altavista.com)
(www.altavista.com)
Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini, selain Alltheweb, Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.
- Kelebihan
- keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
- Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
- Kekurangan
- Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.
6.Lycos
(http://www.lycos.com)
Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.
- Kelebihan
1. Lycos mampu mencari data dengan
cepat dan ini merupakan kelebihannya.
2. Dalam hal pencarian cepat.
3. Lycos menyediakan fungsi “Fun
Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi
kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
4. Lycos juga menampilkan 50
pencarian terbesar di halaman depannya.
- Kekurangan
- Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
- Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data
7. GOOGLE
Google
didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di
Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada
7 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus
2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar.
Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra,
perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke
area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas
perusahaan, dan bertukar video.
Kelebihan
1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
Kekurangan
1. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
8. Live Search
Pengembangan
yang terus dilakukan oleh Microsoft menghasilkan keputusan untuk memisahkan
mesin pencari dengan Windows Live. Pada
akhirnya Microsoft mengubah nama mesin pencarinya menjadi Live Search,
yang kemudian dikonsolidasikan dengan Microsoft
adCenter. Reorganisasi yang dilakukan ini, menimbulkan banyak perubahan
dalam kebijakan, misalnya menghentikan beberapa produk seperti Windows Live Expo, Live
Search Macros, dan sebagainya.
Perubahan
yang terus dilakukan Microsoft ini ternyata belum membuahkan hasil. Microsoft
menyadari bahwa penggunaan brand name untuk produk mesin pencari sangatlah
penting. Akhirnya untuk menciptakan indentitas baru, Microsoft menghadirkan
suatu mesin pencari baru pada tanggal 3 Juni 2009, yang diberi nama Bing,
kepada seluruh pengguna Internet di dunia.
Kelebihan :
1. Mampu mencari informasi yang lebih spesifik baik berupa website, berita, gambar, maupun musik, serta lainnya.
1. Mampu mencari informasi yang lebih spesifik baik berupa website, berita, gambar, maupun musik, serta lainnya.
Kekurang
:
1. Search engine ini tidak begitu populer
1. Search engine ini tidak begitu populer
9 Web Crawler
Web crawler
adalah suatu program atau script otomatis yang relatif simple, yang menggunakan
metode tertentu untuk melakukan scan atau “crawl” ke semua
halaman-halaman Internet untuk membuat index dari data yang dicarinya.
Sebutan/julukan lain untuk web crawl adalah web spider, web robot, bot, crawl
dan automatic indexer.
Web crawl dapat
digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang
terkait atau berhubungan langsung dengan search engine. Search engine
menggunakan web crawl untuk mengumpulkan informasi mengenai apa yang ada di
halaman-halaman web publik. Tujuan utamanya adalah mengumpukan data sehingga
ketika pengguna Internet mengetikkan kata pencarian di komputernya, search
engine dapat dengan segera menampilkan web site yang relevan dan sesuai
dengan yang dicari.
Ketika web crawl search engine mengunjungi halaman web,
ia “membaca” teks yang terlihat, hyperlink, dan konten berbagai tag yang
digunakan dalam situs seperti meta tag yang banyak berisi keyword. Berdasar
kaninformasi yang dikumpulkan web crawl,
search engine akan menentukan situs dan mengindex informasinya. Website
tersebut kemudian dimasukkan ke dalam database search engine dan dilakukan
proses penentuan ranking setiap halamannya.
Search
engine bukanlah satu-satunya pengguna web crawl. Linguist bisa
menggunakan web crawl untuk melakukan analisis tekstual; yaitu, mereka
bisa menyisir Internet untuk menentukan kata apa yang paling umum digunakan
hari ini (keyword populer). Peneliti pasar dapat menggunakan web crawl untuk
menentukan dan memanipulasi trend pada suatu pasar tertentu. Ini semua
merupakan contoh beragam penggunaan web crawl. Web
crawl dapat digunakan oleh siapapun yang melakukan pencarian
informasi di Internet.
Web crawl beroperasi
hanya sekali, misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali jalan, atau jika
tujuannya untuk jangka panjang seperti pada kasus search engine, mereka bisa
diprogram untuk menyisir Internet secara periodik untuk menentukan apakah sudah
berlangsung perubahan yang signifikan. Jika suatu situs mengalami trafik
sangat padat atau kesulitan teknis, spider atau crawl dapat diprogram untuk
mencatat hal ini dan mengunjunginya kembali setelah kesulitan teknis itu
terselesaikan dan dilakukan pembenahan serta perbaikan.
Kelebihan
1. Suatu program atau script otomatis yang relatif simple
2. Dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang
paling umum adalah yang terkait atau berhubungan langsung dengan search
engine
Kekurangan
1. Beroperasi hanya sekali, misalnya untuk suatu projek
yang hanya sekali jalan
1 10 Looksmart
Looksmart bukanlah
search engine, tapi mempunyai pengaruh besar juga dalam pencarian data di
internet. Directori ini berbagi database yang sudah dibuatkan kategorinya
berupa link dengan MSN, Home.net, CNN, dan Time Warner. Situs ini merupakan
yang termasuk berbayar, untuk itu jika anda mempunyai uang,daftarkan juga ke
sini.
Kelebihan
1. Menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks
1. Menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks
K kekurangan
1. Situs ini merupakan yang termasuk berbayar
1. Situs ini merupakan yang termasuk berbayar
Ke kelebihan
1.Situs yang ditampung oleh database ini sekitar 579 juta buah
2.Terdapat 21 bahasa dunia yang berbeda tetapi bahasa Indonesia belum ada
3.Bebas dari banner iklan dan aneka image yang memberatkan
4.Menyediakan form isian untuk mencari database yang diinginkan
5.Adanya pemfilteran terhadap situs-situs pornografi
1.Situs yang ditampung oleh database ini sekitar 579 juta buah
2.Terdapat 21 bahasa dunia yang berbeda tetapi bahasa Indonesia belum ada
3.Bebas dari banner iklan dan aneka image yang memberatkan
4.Menyediakan form isian untuk mencari database yang diinginkan
5.Adanya pemfilteran terhadap situs-situs pornografi
Kekurangan
1. Situs ini telah ditutup
1. Situs ini telah ditutup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar